Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan ilmiah

TOPIK DAN JUDUL PENELITIAN

Judul bisa dibuat pada waktu penelitian atau sebelum penelitian tetapi topik harus dibuat sebelum penelitian dilakukan. Dengan demikian, tentukan topik terlebih dahulu, pilihlah topik yang sesuai dengan jangka waktu PI.

Topik dikatakan lebih luas daripada judul penelitian. Contohnya adalah “Methods of English Teaching”. Sedangkan, judul penelitian sifatnya jelas atau tidak ambigu. Contohnya adalah “Methods of English Teaching at Dinasti English Course Depok”.

Pemilihan topik dan judul harus sesuai dengan teori-teori yang ada baik berupa buku-buku dari pustaka atau bahan-bahan dari internet. Atau jika memilih topik atau judul jangan terlalu sulit. Dengan kata lain, pencarian buku-buku untuk mendukung penelitian tersebut mudah dilakukan.

Pengambilan topik dan judul penelitian atau penelitian yang akan dilakukan tidak boleh sama dengan penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti lain. Maka dari itu, seharusnya dilakukan peninjauan ke perpustakaan-perpustakaan dimana terdapat hasil-hasil penelitian baik berupa PI, skripsi, tesis, ataupun disertasi.

Jika anda berada di perpustakaan dan membaca penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, anda akan melihat bahwa judul penelitian tersebut berupa frase. Dengan demikian, nantinya dalam pembuatan judul haruslah berupa frase bukan kata apalagi kalimat.

Penelitian yang akan dilakukan sebaiknya menarik untuk diteliti. Jadi, nantinya dalam pencarian teori-teori dan khususnya dalam pencarian jawaban dari rumusan masalah dan implementasinya dalam bentuk tulisan paling tidak akan mengalami kelancaran. Bahkan tidak tertutup kemungkinan akan mendapatkan hal-hal atau kejadian-kejadian baru yang menyenangkan sepanjang penelitiannya.

Penelitian yang disebut dengan penulisan ilmiah adalah penelitian yang dikatakan sangat sederhana jika dibandingkan dengan penelitian yang berupa skripsi, tesis bahkan disertasi. Namun demikian, penelitian ini tetap penting untuk dilakukan karena akan menjadi landasan bagi penelitian-penelitian selanjutnya khususnya penelitian yang berupa skripsi. Karena bentuknya yang sederhana, maka penelitian ini bisa dikembangkan lebih jauh lagi khususnya dalam meraih gelar S1 dan S2.

Contoh Judul Penulisan Ilmiah

Methods of English Teaching at Pemuda Bangsa Kindergarten Depok, Making an English Learning be Fun for Children at LBPP – LIA English Course Depok, English Teaching Methods at 2nd Grade of Elementary School at SDN Depok VI, A Question for Mom by Thoma D.S (An English Translation Study), An English –Indonesian Translation of an Article in the Australian Women’s Weekly Magazine: The Story of Oprah, The Translation of English News Article and Comparison between the Writer’s Translation and Machine Translation, The Social Condition of Nineteenth Century France in Les Miserables, An Analysis of Rudy Baylor’s Characters in the Novel of The Rain Maker (A Sociological Aspect).

LATAR BELAKANG MASALAH

Kita menjumpai dalam penelitian ilmiah sering penjelasannya dari hal-hal umum ke hal-hal khusus. Hal ini membedakan dengan penjelasan berupa deskripsi suatu hal dalam analisis data.

Penjelasan dari hal-hal umum tersebut tentu tidak boleh keluar dari topik penelitian. Dengan kata lain, jika mahasiswa mengambil judul penelitian yang berupa unsur pinjaman yang berupa afiks dalam bahasa Indonesia, maka dalam latar belakang masalah tidak dijelaskan hal-hal yang tidak berhubungan dengan unsur pinjaman. Contoh lain adalah penjelasan metode pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak. Metode pengajaran ini dijelaskan secara umum, selanjutnya secara khusus, misalnya, yang digunakan di kursus bahasa Inggris dan komputer, Dinasti Kalimulya Depok.

Selain itu, dalam latar belakang ini harus dikemukakan hal-hal yang melatarbelakangi masalah, alasan pengambilan judul penelitian, dan ketertarikannya, dan kenapa perlu dilakukan penelitian.

RUMUSAN MASALAH

Rumusan masalah dibuat dalam bentuk kalimat Tanya dengan kata yang biasa mengawalinya why dan how. Namun demikian, dalam penelitian yang sifatnya sederhana seperti PI, kata yang mengawalinya bisa berupa what.

Jawaban dari kalimat Tanya inilah yang akan dicari atau ditemukan dalam penelitiannya. Agar bisa menjawab rumusan masalah tersebut, maka diperlukan teori-teori sebagai landasan untuk mendapatkan data ataupun landasan dalam menganalisis data, diperlukan juga metode dan teknik untuk lebih cepat mencapai tujuan penelitian dan tentu metode dan tekniknya sesuai dengan sifat dari data tersebut.

TUJUAN PENELITIAN

Tujuan penelitian harus sesuai dengan pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah. Dengan kata lain, jika dalam rumusan masalah pernyataannya dalam bentuk kalimat Tanya, maka dalam tujuan penelitian kalimat Tanya tersebut diubah menjadi kalimat positif seperti Metode apa yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak di Lembaga Kursus Dinasti Kalimulya Depok menjadi Metode pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak yang digunakan di Lembaga Kursus Dinasti Kalimulya Depok.

Tags:

Leave a Reply